07/05/12

Kota Kembang

Kota Bandung, atau sering juga disebut dengan Kota Kembang merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya menurut jumlah penduduk. Kota yang menjadi pusat pemerintahan provinsi Jawa Barat ini, menjadi salah satu kota penting di Indonesia, karena kota ini pernah menjadi tempat berlangsungnya Konfrensi Asia-Afrika suatau pertemuan yang menyuarakan anti kolonialisme, bahkan petingggi India yang menghadiri Konfrensi Asia-Afrika menyampaikan bahwa Kota Bandung adalah Ibu Kotanya Asia-Afrika dalam pidatonya.

Dua julukan kini disandangkan pada Kota Bandung, yakni Kota Kembang dan Paris van Java atau dalam Bahasa Indonesia berarti Parisnya Pulau Jawa. Kedua julukan itu didapat Bandung Karena memiliki keindahan alam yang tidak ditemui di kota-kota lainnya, selain itu Kota Bandung terkenal juga sebagai kota belanja, dengan mall, factory outlet dan distro yang tersebar luas diseluruh sudut kota ini. Namun seiring dengan perkembangannya, kini Bandung juga dikenal dengan kota wisata kulinernya, sehingga saat ini Bandung menjadi tujuan wisata para pelancong.


Kata "Bandung" berasal dari kata bendung atau bendungan karena dahulu kala lava gunung Tangkuban Perahu membendung sungai citarum yang kemudian membentu danau pura yang besar. Kota Bandung secara geografis memang dikelilingi oleh pegunungan sehingga Kota Bandung tampak seperti mangkuk raksasa. 

Dialiri oleh dua sungai utama, yaitu Sungai Cikapundung dan Sungai Citarum beserta anak sungai dari kedua sungai itu bagian selatan Kota Bandung menjadi sangat rawan terhadap Banjir, terutama pada musim hujan. itu dikarenakan kawasan itu merupakan kawasan dengan ketinggian terendah di Kota Bandung yakni sekitar 675 meter dia atas permukaan laut.

Beberapa tempat bersejarah bisa Anda kunjungi di Kota Bandung, mulai dari museum-museum yang ada, hingga peninggalan masa perang dahulu, yang berupa gua-gua bekas para penjajah. Salah satunya ada di wilayah Bandung Utara yang kita kenal dengan peninggalan Gua Jepang dan Gua Belanda di kompleks Hutan Lindung Ir. H. Juanda.

 Bagi Para pecinta kuliner, Bandung juga menjadi pemanja lidah yang memuaskan. Banyak para pelancong dari luar kota yang sengaja datang ke Kota Kembang hanya untuk bisa menikmati kelezatan makanan di beberapa warung makan. Untuk para pecinta fashion, Bandung menjadi seperti surga. karena di kota ini lah trend-trend fashion anyar lahir dan berkembang. selain itu harga miring pakaian yang bisa didapat menjadi magnet lainnya para penggandrung fashion. Beberapa pusat belanja yang wajib dikunjungi di Kota Bandung adalah :
  • Pasar Baru
  • Cihampelas
  • Parahyangan
  • Jalan Trunojoyo
  • Jalan Riau
  • Cibaduyut


Tak lengkap rasanya bila berbicara tentang Bandung tapi tak menyinggung tempat yang satu ini, Lembang, sejak dari dahulu kawasan yang menjadi kabupaten Bandung ini tersohor akan keindahan alamnya, tak heran apabila berkunjung ke Lembang pada akhir pekan, banyak kendaraan dengan plat nomor luar kota hilir mudik di kawasan ini. Bergeser sedikit kesebelah utara kita akan menjumpai gunung yang mungkin paling kondang se-tanah parahyangan, Gunung Tangkuban Perahu. Tak ingin kalah dengan kawasan wisata lainnya, Gunung Tangkuban Perahu menyuguhkan keindahan alam yang spektakuler. bau belerang yang cukup menyengat tak menyurutkan para pengunjung untuk beralama-lama di sekitar kawah Tangkuban perahu guna menikmati ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.


Lihat Peta Lebih Besar

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP