04/05/12

Gunung Bromo, Jawa Timur


Gunung Bromo adalah salah satu gnung yang terletak di Jawa Timur dan merupakan salah satu gunung dari rangkaian gunung berapi sirum pasifik, yang juga disebut pegunungan cincin api atau Ring of Fire. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah yakni Kabupaten probolinggo, Pasuruan, Lumajang dan Kabupaten Malang.  Keindahan alam yang terhampar di sekitar Gunung Bromo mampu menjadikan Gunung Bromo sebagai objek wisata primadona di Jawa Timur. Karena itu wisatawan yang datang pun tidak hanya dari dalam negeri tetapi dari seluruh penjuru dunia yang ingin menikmati keindahannya. Hal ini pula yang menjadi pendongkrak perekonomian rakyat disekitarnya.

Disamping keindahannya yang melegenda daya tarik lain dari tempat ini adalah legenda masyarakat sekitar yakni Masyarakat Tengger yang menyelimutinya. Perpaduan itulah yang sampai saat ini masih menjadi magnet utama wisata Gunung Bromo. 


Gunung Bromo memiliki sebuah kawah dengan garis tengah 800 meter (utara-selatan) dan 600 meter (timur-barat). Sedangkan Radius yang dinyatakan berbahaya apabila gunung ini meletus yakni berjarak 4 kilometer dari pusat kawah Gunung Bromo.

 Upacara Yadnya

Bagi penduduk Bromo, Suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung yang suci, Setahun sekali masyarakat Tengger Mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo, Upacara ini bertempat disebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo sebelah utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo, Upacara diadakan pada Tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnamasekitar tanggal 14 atau 15 bulan kasado (kesepuluah) menurut penanggalan jawa.

0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP