07/05/12

"JANGAN BIARKAN HARIMAU MENJADI MITOS"

Harimau Sumatera salah satu kucing besar yang masih hidup di belantara hutan Indonesia. Kucing yang mempunyai nama latin Panthera tigris sumatrae merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih ada di dunia sampai saat ini. Khusus untuk Harimau Sumatera ini, hanya dapat kita temui di Pulau Sumatera. Data yang sempat dirilis baru-baru ini oleh Lembaga konserfasi dunia IUCN menunjukan angka populasi yang sangat memprihatinkan, saat ini tidak lebih dari 500 ekor Harimau Sumatera masih hidup, terutama di taman-taman nasional Sumatera.


Salah satu penyebab terus merosotnya populasi Harimau Sumatera adalah penghancuran habitat yang dilakukan manusia untuk kepentingannya yang bersifat egois. pembabatan hutan yang terus berlangsung bahkan di taman nasional sekalipun menjadi ancaman serius yang perlu ditanggulangi secara tegas oleh pemerintah. 

Dengan panjang rata-rata 250 cm (kepala-ekor) dan berat sekitar 150kg untuk jantan dan panjang 190cm (kepala-ekor) dan berat sekitar 90 kg untuk betina menjadikan Harimau Sumatera sebagai sub-spesies terkecil di dunia. Ukuran tubuh yang kecil memberikan Harimau Sumatera kelebihan untuk bergerak dalam rimbunnya hutan hujan di Pulau sumatera. Selain tubuhnya yang relatif kecil dibandingkan kerabat lainnya, Harimau Sumatera memiliki ciri lainnya, yakni warna belang hitam yang pekat dan tebal, bahkan coraknya cenderung rapat. 

Sebagai pemangsa dipuncak rantai makanan, Harimau Sumatera mempertahankan populasi mangsanya yang ada dalam pengendaliannya. Mereka memiliki Indra pendengaran, penciuman dan penglihatan yang sangat tajam, hal itu menjadikan Harimau Sumatera pemburu yang efisien. Harimau Sumatera tergolong kedalam hewan nocturnal atau lebih aktif pada malam hari. mereka memangsa hewan yang daat ditangkapnya, biasanya rusa dan babi hutan, tetapi kadang-kadang ikan atau unggas menjadi pilihan ketika mangsanya sulit untuk dicari.  

Jangan biarkan kepunahan yang dialami Harimau Jawa dan Harimau Bali terulang kembali pada Harimau Sumatera. Dengan kondisi yang dihadapi Harimau Sumatera saat ini, mau-tak mau pemerintah yang dibantu masyarakat agar bisa menjaga kelestarian alam, sehingga ekiosistem yang ada didalamnya tetap terjaga termasuk kelangsungan hewan-hewan buas penghuni hutan Indonesia. 

"JANGAN BIARKAN HARIMAU MENJADI MITOS"



0 comments:

Diberdayakan oleh Blogger.

  © Blogger templates 'Neuronic' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP